Gambar Ilustrasi uang rupiah


Sejak dari kecil kita pasti sudah diajarkan oleh orang tua kita untuk menabungkan sedikit uang saku yang diberikan oleh orang tua, lantas apa tujuan dari menabung serta apa manfaat dari menabung itu. Sebenarnya kenapa orang tua mengajarkan kita menabung sejak kecil, alasannya ialah karena dari manfaat menabung yang salah satunya adalah mengajarkan kita untuk mengatur keuangan pribadi kita. Dengan menabung kita bisa membeli atau mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, tentu hal tersebut juga didukung oleh adanya kesabaran, susah payah dan lain sebagainya. Oleh karena itu menabung adalah salah satu pelajaran yang mengajarkan kita memahami rasa sabar, rasa bersyukur, dan berusaha dalam mencapai keinginan kita.

Pengertian Menabung

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk disimpan. Menabung ialah salah satu cara dalam mengelola keuangan untuk mencapai keinginan kita. Menurut KBBI Menabung itu sendiri memiliki 1 arti. Menabung tersebut berasal dari kata dasar yakni tabung. Menabung itu memiliki arti kedalam golongan atau kelas kata kerja (verba ) sehingga menabung bisa menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Macam – Macam Menabung

1. Menabung Di Rumah
Menabung  dapat dilakukan dengan mudah,salah satunya menabung dirumah karena kita bisa menyisihkan uang sesuka hati dan setiap waktu, namun jika menabung dirumah akan tidak ada jaminan yang kita dapat, misalnya saja kadang kita tergoda untuk mengambil uang yang ada di tabungan yang kitapunya meski sedikit dan hanya untuk kebutuhan sesaat, dan pada akhirnya kita akan gagal dalam menabung, untuk itu melatih kesabaran dan usaha diperlukan dalam menabung.

2. Menabung Di Sekolah
Menabung juga dapat dilakukan di sekolah. biasanya menabung disekolah dikoordinasikan oleh wali kelas. Tiap-tiap siswa dapat/ bisa menyisihkan sisa uang sakunya untuk ditabung disekolah. Menabung di sekolah juga sangat banyak manfaatnya salah satunya dapat membantu dalam hal membayar keperluan sekolah selain itu siswa juga bisa mengambil uang tabungannya sewaktu-waktu apabila diperlukan. Siswa- siswi yang menabung bisa juga mengambil uang tabungannya pada akhir tahun untuk aktivitas di sekolah.

3. Menabung Di Bank
Menabung yang paling aman yang bisa kita lakukan ialah dengan menabung di bank, boleh itu bank umum ataupun Bank Perkreditan Rakyat. Cara dalam menyetor (menabung) dan mengambil uang dalam tabungan di bank juga sangat mudah dan cepat. Kita hanya perlu atau cukup datang ke bank sambil membawa buku tabungan yang dimiliki, setelah itu mengisi formulir setoran (menabung) atau penarikan(Mengambil).

Ada 7 kebiasaan meningkatkan uang tabungan:

1. Tetapkan tujuan dalam menabung
2. Mengatur jadwal menabung
3. Tetapkan jumlah uang yang ditabungkan dalam rekening
4. Selalu mencatat segala jenis pengeluaran
5. Menghapus pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting
6. Hentikan penggunaan dari kartu kredit dalam setiap transaksi
7. Selalu prioritaskan alokasi menabung sebelum pengeluaran

Jadi...Ayo menabung di Bank Harta Mandiri. Adapun beberapa produk tabungan yang kami tawarkan :

1. Tabungan Sejahtera

- Bunga 5,5%
- Tidak ada potongan / biaya bulanan
- Pick up service ( antar jemput tabungan )

2. Tabungan Harta

- Bunga 3 %
- Biaya Adm 2.000/ bulan
- Pick up service ( antar jemput tabungan )

3. Tabungan Ku

- Bunga 1 %
- Tidak ada potongan / biaya bulanan
- Pick up service ( antar jemput tabungan )

Begini caranya kalau mau menabung di Bank Harta Mandiri :

Langkah 1, kamu bisa datang langsung ke Bank Harta Mandiri dan membawa persyaratan. Langkah ke 2, staf kami bisa datang ketempat kerja kamu dimana saja dan kapan saja.

Syarat pembukaan rekening

  1. Fotocopy KTP dan NPWP (lampirkan jika ada)

  2. Pengisian Formulir Tabungan