Ilustrasi ibu hamil sedang bekerja


Menjalani kehamilan sambil terus bekerja bukanlah hal mudah. Namun jangan khawatir, ada hal-hal yang bisa dilakukan agar dapat terus aktif bekerja saat hamil.

Sebagian besar wanita bisa menjalani masa kehamilan tanpa perlu berhenti dari pekerjaan mereka. Meski begitu, tentu saja ada penyesuaian yang harus dilakukan pada saat bekerja saat hamil, agar tidak memengaruhi kesehatan dan produktivitas Anda.

Saat Hamil Perubahan Tubuh Membuat Kita Merasa Tidak Nyaman. Apa Saja Keluhan Ibu Hamil Pada Umumnya ?

Inilah Beberapa Diantaranya.

Perubahan Hormon Dan Perubahan Bentuk Tubuh Bisa Menjadi Penyebab Utama Keluhan-Keluhan Ibu Hamil.

  1. Ambeien Adalah Salah Satu Keluhan Ibu Hamil Yang Terjadi Karena Pelebaran Dan Peradangan Pembuluh Darah Vena (Balik) Di Anus Atau Rektum. Cara Untuk Mengatasinya Yaitu Perbanyak Minum Air Putih Dan Makan Makanan Yang Mengandung Banyak Serat, Terutama Buah Dan Sayur.
  1. Rasa Gatal yang dialami ibu hamil bisa mulai dari gatal yang ringan sampai yang cukup berat. Biasanya terjadi ketika kehamilan memasuki usia trisemester ketiga, penyebabnya bisa terjadi karena berbagai macam , misalnya kulit kering, peregangan kulit perut dan lain sebagainya. Cara untuk mengatasinya yaitu bisa dengan mengoleskan olive oil kebagian tubuh yang gatal.
  1. Kaki bengkak pada umumnya disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. Tetapi keluhan ini tidak dapat dipandang remeh karena kaki bengkak juga bisa menjadi pertanda ibu hamil mengidap protein urine yaitu suatu kondisi di mana urin mengandung jumlah protein yang tidak normal. Kelebihan protein urine pada ibu hamil bisa menjadi pertanda infeksi saluran kemih (ISK), kerusakan ginjal, atau gangguan tertentu lainnya. Protein urine juga bisa menjadi tanda preeclampsia (tekanan darah tinggi). (https://www.alodokter.com/waspadai-protein-urine-berlebih-pada-anak-dan-ibu-hamil) Cara mengatasinya : jika kaki bengkak karena kelebihan mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi , maka disarankan untuk ibu hamil mengurangi konsumsi makanan yang mengandung daram yang tinggai, jika kaki bengkak karena kelamaan menggantung kaki/duduk maka ibu hamil disarankan untuk mengangkat kaki lebih tinggi dari posisi jantung pada saat istirahat atau tidur. Ada baiknya jika kita sesekali memeriksakan kadar protein urine dalam tubuh. Jika jumlahnya tinggi, setidaknya bisa diketahui apa penyebabnya dan bagaimana penindaklanjutannya.
  1. Mual dan muntah adalah keluhan umum selama kehamilan terutama pada awal kehamilan trisemester pertama . namun jika terjadi secara berlebihan keluhan ini bisa membuat janin kekurangan gizi. Rasa mual juga bisa disebabkan karena peningkatan asam lambung . Cara untuk mengatasinya biasa nya ibu hamil mengkonsumsi permen dan menjaga pola makan , hindari makanan yang asam dan pedas . dan sebaiknya ibu makan sedikit dalam frekuensi yang lebih sering.
  1. Nyeri dibagian bawah perut juga seing dirasakan ibu hamil pada trisemester kedua , nyeri berawal dari otot yang menahan Rahim agar tetap tegak. Untuk meredakan nya , segeralah lah beristirahat bila terasa sakit. Dapat juga melakukan senam hamil untuk kekuatan otot dan dapat mengurangi nyeri.

 

Semoga informasi ini bermanfaat … :*